Ketika Juri Stempel Tak Lagi Kredibel

It’s scapegoating time…
Saatnya menunjuk sang kambing hitam…
Sang pesakitan
aka sang penjahat
alias pemeran karakter antagonis (a scenario, anybody ?)
Whatsoever,
Here is the story…
Alkisah, seorang trader nubi sedang berguru pada seorang trader kelas suhu, demi menghindari terulangnya pengalaman naas menjadi nyangkuters:
Semua bermula dari sebuah chart…
nubi: Apa chart ini termasuk fundamental (penting, akar suatu masalah / isu) ?
suhu: Ya, ini nunjukin interaksi antara psikologi pelaku pasar dengan suatu bentuk aset.
nubi: Maksudnya psikologi ?
suhu: Pelaku pasar tu lebih suka pegang cash (i.e saving) atau ngelepas cash demi dapetin rumah.
nubi: Kalo gk pake duit tabungan, tu rumah dibeli pake apa, ampe harganya bisa ngeroket ?
suhu: Pake utang (credit), lebih tepatnya kpr (mortgage). Nih chartnya, cekidot:

nubi: Yang biru itu apa, yang merah apa ?
suhu: Biru itu total kpr, merah itu jumlah orang kere yang ikut ngambil kpr (detail on subprime)
nubi: kok mendadak banyak bener orang beli rumah?
suhu: Pasca bubble internet, Fed nurunin suku bunga jadi rendah banget. Ya sisanya skema pasar jalan, faktor greed bermain. Muncul orang2, yg beli rumah utk investasi. Plus, muncul juga “ahli” investasi dan ekonomi yg ngomporin orang2 kere utk beli rumah, ngutang lagi !

nubi: Terus kok bisa ampe jadi krisis ekonomi ?
suhu: Rumah yg dibeli kan jadi agunan pinjaman, Namanya juga buat investasi (bukan ditempatin). Jadi ngarepin kenaikan harga rumah aja. Nah, saat harga rumahnya GAK NAIK LAGI DAN MALAH TURUN, apa mau tu pinjeman dilunasin ? mending rumahnya biarin disita kan… Nah, yg nyita rumah2 itu kan Bank2, regulasi bank ngelarang mereka pegang rumah kaya gitu lama, jadi ya kudu dijual-jualin juga. Makin banyak rumah dijual, padahal yg mau beli rumah udah gk ada, ya MAKIN ANJLOK harga rumah seluruh US. 

nubi: terus krisisnya kok sampe nyebar ke seluruh dunia ?
suhu: Karena Bank2 gencar ngebikin aset2 derivatif utang, terus dijual ke seluruh dunia. Lo pantengin ni:

nubi: itu CDO, ABS, apaan tu ?
suhu: itu singkatan jenis2 derivatif utang. Misal CDO (Collateralized debt obligations); ABS (asset backed security); CMBS (commercial mortgage-backed security); RMBS (Residential mortgage-backed securities). Klik aja nama2nya, biar liat apa itu yg Buffet bilang sebagai “senjata pemusnah masal “.

nubi: Buset.. untung di Indo gak ada ya..
suhu: Ada kok, cek: EBAKIK-EBA.

nubi: Instrumen2 derivatif utang ini siapa yg buat ?
suhu: pihak2 (Bank2 dan Lembaga Keuangan) yang ngasih duit / nerbitin utang buat para pembeli rumah
nubi: Tujuan ngebikin instrumen derivatif ini apa ?
suhu: Mengurangi risiko. Peminjam kan bisa aja telat bayar cicilan, meninggal, ampe ngaku gk mampu balikin tu duit pinjeman.
Nah, itu CDO dkk, kelar dibikin, dijual ke investor. Nah itu Bank dapet duit, si investor dapet CDO dan dapet kupon tiap periode.

nubi: Oooh… kalo di ALK, tu judulnya, mengamankan arus kas masa depan ya
suhu: iye
nubi: Yang jadi investor itu siapa ?
suhu: Macem2. Bank2 yg bikin & ngejual derivatif utang, beli juga produk2 sejenis dari Bank2 lain.

nubi: Bank menang banyak dong…
suhu: Yoi, saldo risky loan di sisi aset berkurang, ganti masuk aset berupa derivatif yg harganya bisa digoreng sesuka hati (waktu itu, belum ada regulasi soal tranparansi aset derivatif, as included in Dodd Frank Act) arus cash lancar (kagak beku berupa risky loan) plus… dapet fee hasil jualan CDO dkk ke investor perorangan.
nubi: Beuh… kaya cerita di negeri dongeng dong, CUAN TERRUUUSS…
suhu: Begitu si dari 2002 sampe 2007, sampai akhirnya…
nubi: Asset bubble goes BUST (nilai derivatif utang tadi anjlok, karena harga rumah anjlok)

suhu: Yup, namanya aja derivatif, artinya turunan.                        
Ada “aset dasar sebagai alas”.                                                                                                                Boso linggisnya, “underlying asset.                                                                                                       Liat chart yg ini ni:


nubi: Tadi katanya bisa digoreng, kenapa gk digoreng aja biar naik harganya tu MBS ?
suhu: Harga sesaat bisa aja naik, tapi Bank2 itu sendiri gk bodoh, ketika harga rumah turun, rumah pada disita trus dijual lagi, trus yg pada ngutang gk bisa lunasin utang.

Gimana kewajiban bayar kupon atas derivatif2 tadi bisa dipenuhin ?

Misalkan, lo pegang MBS, trus tu MBS mendadak kuponnya kagak ngalir (default, ibarat keran macet, gk keluar airnya).

Lo masih mau pegang tu MBS ?

nubi: Ya gak lah, gw bakal jual tu MBS, asap !
suhu: Nah itu, aksi jual masif bikin harga MBS terjun bebas, karena gk ada yg mau jadi pihak terakhir yg megang MBS paling banyak.
nubi: Gilani… apalagi yang beli MBS di Juli 2007 ya (liat kotak tengah, garis merah), fix jadi nyangkuter ya ?
suhu: Yoi, bayangin lo nyangkut di harga harga setinggi itu, dan lo pegang BUANYAK bgt MBS.
nubi: Ada yg begitu ?
suhu: Ada,Suatu Bank bernama Lehman Brother. 
Nyangkut paling parah,sampe bangkrut. Kalo Bank2 lain masih ditalangin sama pemerintah US.

nubi: Bentar… bentar… bentar… itu abjad BB, A, AA, AAA masih nama derivatif ?
suhu: Bukan, itu credit rating. AAA paling bagus, sisanya ngurut di bawahnya.
Yang konyol, kita liat nih, laba juri stempel-juri stempel ini:
nubi: Naik pesat ya… sejalan sama meningkatnya jumlah penerbita derivatif ber-rating AAA.
suhu: Yoi, cek juga ni, data dari intel gw (thx, agent Gugel!) :
nubi: Ckckckck….
suhu: Padahal, kalo diliat komposisi mayoritas derifatif yg terbit tahun 2005 (setahun sebelum puncak), gk pantaslah dapet AAA, liat ni:
nubi: Jadi, juri-juri stempel ini yg salah ?
suhu: Menurut media, iya.

nubi: Menurut suhu, siapa yg salah ?
suhu: Sama seperti prediksi dan ramalan, yang tidak berguna di pasar. Begitu juga pendapat dan kebenaran masa lampau, tak vital dalam mengusahakan cuan. Ikuti saja marketnya, konsisten. Lalu kalau sejarah, pelajari “gaya main” setiap juri, tinggal disesuaikan sama regulasi dan keadaan terkini.

nubi: Ok, thanks berat suhu.
suhu: Sama2, Tetap ingat, first thing first, temet nosce.





Salah pilih istri gak bakal bikin lo mati
Mag ama sakit gigi, kalah ama yg namanya makan ati
Investasi jangan  tergantung juri
Nilai kepangkas bikin ngeri
Istri gak dapet kocek makin seret
Spread currency enaknya yang peret
Tiap cuan kudu dibagi currency wars makin menjadi
Analisa kritis tak prediktif modal tangguh setiap pribadi
By: petaniuang



Ps: Lots of  credit to:
Maha Suhu gift_art
Maha Suhu Hirsch
Daftar Pustaka :
Advertisements