THE BILLIONAIRE, sebuah resensi film (Spoiler Alert)

Siapa bilang menjadi entrepreneur bisa berbuat semaunya? Siapa bilang menjadi entrepreneur tidak perlu menurut pada siapapun? Siapa bilang seorang entrepreneur itu lebih bebas dibanding pegawai? Menjadi entrepreneur itu justru harus lebih disiplin dari orang lain. Ia harus mampu menjadi atasan bagi dirinya sendiri, harus tepat waktu terhadap dirinya sendiri maupun client bisnisnya. Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang film yg baru-baru ini saya tonton. Istilah kerennya ada resensi film. Film ini berjudul THE BILIONAIRE.

Sebelumnya, apakah ada yang pernah makan camilan rumput laut yang bermerk Tao Kae Noi? Biasanya dikemas dengan bungkus plastik berwarna hijau seperti ini.

Dulu saya mengira snack ini adalah buatan Jepang yang memang khas dengan rumput lautnya alias nori. Ternyata produk ini asli buatan Thailand. Tao Kae Noi sendiri merupakan bahasa Thai yang artinya pengusaha muda. Tao Kae Noi memang diciptakan oleh seorang pengusaha muda yang bernama Ittipat Kulpongwanich, yang biasa dipanggil TOP. Kisahnya bermula dari semenjak ia duduk di bangku SMA. TOP saat itu adalah seorang pecandu game online dengan prestasi akademik yang mengenaskan. Namun dari game online itu ia mulai belajar mengenal trading. Ia menjual item-item dari dunia game tersebut dan mendapatkan uang riil. Uang yang dihasilkan dari bisnis ini cukup banyak sampai-sampai TOP mampu membeli mobil di usianya yang masih sangat muda. Mungkin terlihat aneh tapi ini adalah fenomena nyata. Saya sendiri pernah melakukan trading serupa, dan jika dilakukan secara serius memang hasilnya cukup besar. Sayangnya bisnis seperti ini merupakan transaksi ilegal sehingga lama kelamaan akun gamenya di hapus atau istilahnya di BAN. Di lain sisi prestasi akademisnya hancur dan ia tak lulus ujian masuk universitas negeri. TOP dimarahi dan kemudian bertengkar dengan orang tuanya. TOP sesumbar akan mengurus biaya hidupnya sendiri dan tak perlu bantuan orang tuanya.

Berawal dari itu, TOP memulai bisnis riil pertamanya. Dari sisa uang berjualan di dunia maya, ia mulai bisnis DVD player. TOP muda yang belum berpengalaman harus menelan pil pahit pertamanya, ia tertipu oleh supplier dan kehilangan banyak uang. Dari sini ia belajar bahwa menggali informasi sangat penting dalam memulai bisnis. Tak menyerah, ia memulai bisnis keduanya yaitu berjualan Chesnut. Belajar dari kegagalan pertamanya, kali ini ia lebih baik dalam mempersiapkan bisnisnya. Ia menggali informasi sebanyak mungkin, langsung ke lapangan, ke para pedagang chesnut panggang. Ia bertanya ke banyak orang, mencoba, gagal, dan terus mencoba sampai akhirnya ia berhasil membuat chesnut panggang yang sangat enak.

TOP sedang berjualan chesnut panggang bersama pamannya

Disaat teman-teman sebayanya sedang asyik menikmati masa muda, TOP mengisi hari-harinya dengan berjualan chesnut. Ia membuka gerai-gerai di supermarket. Ia sangat terobsesi untuk berekspansi dengan membuka banyak cabang. Namun masalah lain menimpanya. Ayah TOP bangkrut dan kabur ke China beserta seluruh keluarganya. Selain itu Ayahnya meninggalkan hutang sebesar 40 juta Bath (sekitar 12Milyar Rupiah) sehingga rumah dan pabrik mereka kini disita. TOP kini harus tinggal hanya bersama pelayan setia keluarganya (yang biasa ia panggil paman).

Bisnis chesnut panggangnya pun mulai tak berjalan mulus, ia mendapat berbagai masalah terkait ekspansinya. Suatu hari, saat ia sedang berpergian bersama pacarnya. Ia melihat si pacar sedang memakan nori yang telah dikeringkan. Setelah ia coba ternyata rasanya enak, dan TOP bertanya dimana membelinya. Ternyata camilan itu hanya ada di sebuah propinsi yang cukup jauh. Dari situlah TOP mendapat ide, bagaimana bila coba membuat dan berjualan camilan serupa. Tak tanggung-tanggung, TOP menjual semua gerai-gerai chesnutnya untuk modal usaha barunya. Namun kali ini ia kesulitan untuk mendapatkan informasi bagaimana membuat dan mengawetkan rumput lautnya karena memang tidak ada yg melakukan bisnis serupa disana. Membuat camilan rumput laut sendiri adalah hal yang sulit. Ia dan pamannya menghabiskan berkardus-kardus rumput laut untuk mendapatkan camilan yang enak. Karena terlalu kecapekan menggoreng rumput laut, pamannya sampai jatuh sakit. Namun TOP tetap keras kepala, mencoba menggoreng sendiri sampai tangannya melepuh terkena minyak panas. Perjuangan tanpa henti akhirnya membuahkan hasil. TOP berhasil menemukan resep yang pas untuk camilan tersebut. Masalah lain muncul, bagaimana membuat camilan tersebut tetap awet? Tak kehabisan akal, ia mencari ahlinya. Dengan cerdik ia merayu dekan fakultas teknologi pangan. TOP kemudian diajari bagaimana cara mengawetkan rumput lautnya.

Belajar dari bisnis chesnutnya dulu, TOP berpikir bagaimana cara membuat bisnisnya dapat berkembang dengan cepat tanpa terganggu oleh persoalan pembukaan gerai satu-persatu yang memakan banyak waktu dan tenaga. Suatu malam, ketika ia berbelanja 7eleven, TOP mendapat jawabannya. Yak, kerjasama dengan chainstore adalah solusinya. TOP lalu datang sendiri ke kantor 7eleven sambil membawa produknya. Namun produknya ditolak karena berbagai alasan seperti ukuran yang terlalu besar, harga terlalu mahal, dan kemasan yang tidak menarik. TOP menanggapi segala penolakan itu dengan bijak, ia menjadikan penolakan tersebut sebagai saran dan melakukan perbaikan pada setiap aspek tersebut. Setelah melakukan perbaikan, TOP kembali menawarkan produknya ke 7eleven dan berhasil mendapatkan kontrak. Kali ini TOP harus mampu memenuhi persyaratan 7eleven yang sangat berat yaitu memasok sekitar 6000 cabang 7eleven dan memenuhi persyaratan pabrik yang higienis. Perlu diketahui saat itu TOP baru memulai usahanya dengan skala rumah tangga dengan hanya dibantu pamannya. Dan yang lebih mengagetkan lagi saat itu ia baru berumur 19tahun. Bagaimana kelanjutannya, silahkan tonton sendiri yah.

The Founder of Tao Kae Noi

Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini sangat bagus ditonton bagi siapa saja, terutama bagi yang ingin menjadi Entrepreneur. Film ini penuh dengan nilai-nilai dan pelajaran berharga yang sangat diperlukan bagi siapapun yang ingin memulai dan mengembangkan bisnisnya. Oh ya, Ittipat yang menjadi inspirasi film ini juga tampil sebagai cameo dalam film ini, silahkan mencari moment dimana ia muncul :D. Selamat menonton.

The Last Light (OST.THE BILLIONAIRE)

รอนแรมมาเนิ่นนานเพียงหนึ่งใจ
Going on a trip for so long, only one heart
กับทางที่โรยเอาไว้ด้วยขวากหนาม
On a path that’s scattered with thorns
ถูกแหลมคม ทิ่มแทง
Being sharply stabbed
จนมันแทบจะทนไม่ไหว
Until it nearly can’t take it
ชีวิตทำไมยากเย็นขนาดนั้น
Why is life that difficult?
สองมือจะมีเรี่ยวแรงขนาดไหน
However much strength two hands have
แต่หัวใจของคนยังยืนยันจะไม่ถอดใจ
The human heart still stands, not discouraged

ในค่ำคืนที่ฟ้านั้นไม่มีดาวอยู่ตรงนี้ ฉันยังคงก้าวไป
During the nights with starless skies, I’m still moving forward
ยังคงมีรักแท้เป็นแสงนำไปในคืนที่หลงทาง
I still have true love as my guiding light during the nights I get lost

วันเวลาไม่เคยจะหยุดเดิน
When we never stop walking
อย่างไรเราคงต้องเดินไปกับมัน
No matter what, we must walk on with it
เก็บทุกความผิดพลั้ง เป็นคำเตือนให้เราเข้าใจ
Keep every mistake as a reminder for us to understand
ชีวิตเริ่มตรงที่คำว่าฝ่าฟัน
Life begins at the struggle
ขอเพียงใจเราเท่านั้นไม่หวั่นไหว
All I ask is that our hearts don’t waver
บทชีวิตของเรา เราจะทำให้มีความหมาย
We’ll make our life lesson significant

ในค่ำคืนที่ฟ้านั้นไม่มีดาวอยู่ตรงนี้ ฉันยังคงก้าวไป
During the nights with starless skies, I’m still moving forward
ยังคงมีรักแท้เป็นแสงนำไปในคืนที่หลงทาง
I still have true love as my guiding light during the nights I get lost
นาทีที่ความฝันนั้น พร้อมเป็นเพื่อนตาย
The moment that dreams are ready to be true friends
เส้นทางนี้ฉันยังมีจุดหมาย
I still have a goal on this path
ตราบใดที่ปลายท้องฟ้ามีแสงรำไร
So long as the horizon has a faint light
จะไปจนถึงแสงสุดท้าย ยังมีแสงสุดท้าย
I’ll go until the last light, there’s still the last light

ความเดียวดายในคืนเหน็บหนาว
Loneliness during the cold nights
แหงนมองฟ้ายังนึกถึงวันเก่า
Looking up at the sky, I still think of the old days
มันคงจริงที่ทางยาวไกล กร่อนหัวใจ
It’s probably true that the road is long, eroding our hearts
ภาวนากับความมืดมิด ขอให้รักยังคุ้มครองเราอยู่
I pray in the darkness for love to still protect us
เติมพลังให้ใจดวงนี้ ไม่ยอมแพ้
Fill our hearts with strength, we won’t give up

ในค่ำคืนที่ฟ้าท้าทายใจคนอยู่ตรงนี้
During the nights that the sky dares the heart of this person right here
และฉันยังคงก้าวไป
And I’m still moving forward
ยังคงมีรักแท้เป็นแสงนำไป ในคืนที่หลงทาง
I still have true love as my guiding light during the nights I get lost
นาทีที่ความฝันนั้น พร้อมเป็นเพื่อนตาย
The moment that dreams are ready to be true friends
เส้นทางนี้ฉันยังมีจุดหมาย
I still have a goal on this path
ตราบใดที่ปลายท้องฟ้ามีแสงรำไร
So long as the horizon has a faint light
จะไปจนถึงแสงสุดท้าย
I’ll go until the last light

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s