ABC of Accounting (EG compilation version)

Tentu saja saya nggak sanggup kalau harus bikin A to Z of Accounting dalam 1 postingan, sehingga saya bikin aja ABC of Accounting (means Basic Things of Accounting). Akuntansi kan juga salah satu bahasan di Ekonom Gila, yang cukup rumit dan pada umumnya nggak gampang dimengerti dengan common sense, jadi marilah kita mulai dari gampang-gampang dan kulit-kulit aja. Siapa tau bisa membantu menurunkan bulu kuduk pembaca yang merinding… xixixi…

So, here is it… ABC of Accounting (EG compilation version) dari “dapur tacit” saya!

Why oh why?

Buat apa sih ada ilmu yang namanya Akuntansi segala? *versi cablak campur kesel*

Penjelasan Gila:

Informasi. Singkat kan jawabannya. Xixixi… Lebih spesifik sih informasi keuangan. Informasi keuangan itu bisa dilihat di laporan keuangan. Laporan keuangan digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan (bahasa kerennya sih stakeholder) buat bisnis doooong.

Ibarat kita bikin tugas kuliah, hasilnya sih selembar dua lembar, namun dari ketikan pertama dan ide-ide segar ataupun basi yang ada di sana, ada prosesnya dari ngumpulin data dan cari info sana-sini, mengolah-menganalisis-mengelompokkan, baru deh bisa jadi tuh tugas. Ya, gitu deh akuntansi juga kayak gitu.

Produk Akuntansi 

Di atas udah sebut sih, produknya sih informasi yang namanya “Laporan Keuangan”, kayak gimana tuh ya?

Penjelasan Gila:

Kertas gitu lah say, ada tulisan dan angka-angka. Atau versi elektroniknya ya kira-kira juga cem gitu, kertas di-scan or pdf version… Laporan keuangan itu 1 set, isinya 5 macem laporan. *ups… ini kok udah kayak kongkow sama temen gila ye ngejelasinnya, ya anggeplah saya cuma lagi ngobrol yang santay… bukankah lebih enak? Lanjooot!* 5 laporan itu punya nama dan guna masing-masing:

  1. Neraca (untuk liat aset dan kewajiban, wajib balance tuh dua sisi makanya disebut neraca)
  2. Laporan Laba Rugi (ada juga yang menyebutnya Rugi Laba dilandasi pemikiran konservatisme) 
  3. Laporan Perubahan Modal (kalau rugi modal berkurang, kalau laba modal bertambah kan, nah bisa keliatan di sini.  Laporan ini harus setelah ada Laporan Rugi Laba tentunya.)
  4. Laporan Arus Kas (untuk liat kas masuk dan keluar, di sini kita bisa liat “skala” transaksi sebuah perusahaan)
  5. Pengungkapan (keempat laporan di atas kan secara global, nah penjelasan detail ada di pengungkapan).

Logika

Pusing deh belajar akuntansi, banyak banget aturan buat cara ngitungnya. Harus begini begitu. Aaaaa… berguna sih berguna tapi kan pusing banget gitu loh menghafalkannya.

Penjelasan Gila:

Semua juga gitu kali… mau belajar apapun juga begitu kan. Nah, kalau mengikuti logikanya, dan mengulangi mengingat-ingat (menghafal), pasti juga bisa. Beda banget sama yang penting hafal terus bisa menjawab soal. Untuk jangka pendek kepepet besok mau ujian ya bener sih, hafalin aja.
Ya, paling nggak yang umum-umum ngerti dan hafal lah, kalau udah detail nggak kudu kale. Hare gene kan bisa searching, googling, buka buku, nggak usah dibawa susah. Di sini, di Ekonom Gila, kita belajar logikanya dengan fun. *loh kok jadi promo? xixixi ..*

Ekonom Gila tapi kok bahas Akuntansi sih?

Well, Fakultas Ekonomi kok ada jurusan Akuntansi sih? Sama jawabannya. Pernah loh Ekonom Gila membahas soal menyoal “brand” ini. Bacanya di sini ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s